Cara Menurunkan Kolesterol Jahat

makanan mengandung kolesterol jahat

makanan mengandung kolesterol jahat

Salah satu sumber penyakit adalah kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini dapat menyerang siapa saja. Namun, dengan pola hidup sehat, pola makan tepat, serta olahraga cukup, anda sudah dapat menurunkan kolesterol.

Pada makanan terkandung 3 zat yaitukarbohidrat, protein, dan lemak. Setiap zat tersbeut mempunyai fungsi masing-masing. Karbohidrat merupakan sumber energi, protein memiliki fungsi mengganti sel yang rusak dan membantu pertumbuhan, sedangkan lemak di dalam tubuh akan menjadi dinding sel, pelarut vitamin, serta menciptakan enzim-enzim yang berguna bagi tubuh.

Meski mereka mempunyai fungsi masing-masing, namun saat makan tentu ke-3 zat ini harus dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Karena jika tidak, maka akan menimbulkan masalah di dalam tubuh. yang paling menimbulkan masalah adalah lemak. Menurut P[rof. Dr. Hans Tandra PhD. SpPD-KEMD FINASIM FACE, pada lemak inilah mengandung kolesterol.

Karena menurut beliau ada 2 jenis lemak yaitu pertama HDL(High density lipoprotein) yang disebut sebagai kolesterol baik, karena ia membawakolesterol dari pembuluh darah ke hati untuk dipecahkan dan dikeluarkan, yang kedua LDL (Low density lipoprotein) dan inilah yang merupakan kolesterol jahat.  LDL atau kolesterol yang mempunyai kepadatan protein lebih rendah ini biasanya yang mudah menempel dan mengendap di pembuluh darah. Adanya LDL yang menempel dan mengendap inilah pangkal masalah atau sumber penyakit, diantaranya adalah jantung koroner. Ketika LDL menempel, mengendap, dan akhirnya terjadi penyempitan dan penytumbatan pembuluh darah di jantung, maka akibatnya adalah penyakit jantung koroner. begitu juga dengan stroke, penyakit ini bisa terjadi karena penyempitan pembuluh darah pada syaraf otak yang juga diakibatkan oleh LDL yang menyumbat. Dan bisa juga LDL menyumbat pada pembuluh darah di mata yang akan mengakibatkan kebutaan.

Adapun makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah daging merah (daging bebek, daging sapi), seafood (udang, kepiting, cumi-cumi), jeroan, kuning telur, santan, juga goreng-gorengan. Makanan yang sudah digoreng dan menghasilkan makanan yang kering atau kriuk, maka makanan itu sudah mengandung minyak jenuh yang tentunya mengandung kolesterol jahat.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, kita harus mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. Berikut beberapa tips:

1. Makanan Sehat: yang dimaksud yaitu sayur-sayuran, buah, dan ikan. perbanyaklah mengkonsumsi makanan tersebut.

2. Olahraga: jika anda masih sering mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi, maka minimalisir dengan gerak badan. Dengan berolahraga mini. 30 menit sehari dengan berjalan kaki, itu sudah cukup dan hal ini akan memperlambat penimbunan kolesterol.

3. Kurangi Karbo: Untuk yang sudah berusia diatas 50 tahun, maka harus mulai mengurangu porsi amakanan berkarbohidrat, misalnya mie, roti, dan nasi.

4. Hindari Rokok dan Stres: Rokok dapat membuat pembuluh darah makin sempit begitu juga denagn stres.

5. Berat Proporsional: Bagi anda yang mempunyai berat badan kurang proporsional, juga akan lebih cepat mengalami penyempitan pembuluh darah.

6. Perubahan Gaya Hidup: Anda harus mulai merubah pola gaya hidup. makan dengan teratur dengan porsi sesuai kebutuhan serta istirahat cukup.

7. Hindari Ngemil: Kebiasaan ngemil yan tidak sehat ini tentu juga tidak baik. jika ingin ngemil sebaiknya memilih buah saja untuk ngemil.

8. Jangan makan terlalu malam: kebiasaan makan yang terlalu malam ini membuat asupan makanan yang masuk tidak digunakan dan tertimbun di dalam tubuh dan tidak digunakan. oleh karena itu, biasakan tidak makan setelah pukul 7 malam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: