WEBOMETRICS DAN PLAGIAT KAMPUS

Penghargaan dunia terhadap pendidikan tinggi di Indonesia ini memang perlu mendapatkan apresiasi dari semua pihak. Namun, sebenarnya hal ini merupakan cambuk bagi dunia pendidikan kita yang masih dirundung masalah. Dengan kata lain, keterbukaan perguruan tinggi dalam publikasi karya ilmiah dan aksesibilitas website ibarat dua sisi mata pisau. Di satu sisi, perguruan tinggi di Indonesia akan mudah go international, baik secara institusional maupun personal. Disisi lain, hal ini akan membongkar keburukan karya-karya civitas academika yang akhir-akhir ini banyak didapati sebagai hasil plagiat. Dalam logika umum, dengan keterbukaan publikasi melalui website kampus, akan sangat mudah bagi para para akademisi untuk melakukan personal dan institusional marketing di dunia. Penelitian dan tulisan akademisi yng berkualitas kemudian bisa diakses oleh siapapun di belahan bumi. Tidak mengenal professor, doctor atau mahasiswa sekalipun jika karyanya betul-betul berkualitas akan dibaca oleh scholar pada kampus-kampus terkenal di dunia. Sebaliknya keterbukaan publikasi via website ini pun bisa menjadi bumerang bagi perguruan tinggi jika karya ilmiah akademisinya terbukti tidak orisinil. Ke depan tuntutan dan masifikasi publikasi karya ilmiah online sangat memunghkinkan akan membongkar karya-karya plagiat yang dilakukan akademisi Indonesia. Jika semakin banyak didapati karya akademisiĀ  Indonesia yang ternyata tidak orisinil atau plagiat, alih-alih membanggakan dunia perguruan tinggi di negeri ini, hal itu malah semakin memperburuk citra pendidikan kita.

Pendidikan world class university sebenarnya merupakan sebuah refleksi bagi pendidikan di Indonesia, khususnya perguruan tinggi, untuk selalu memperbaiki kualitas sistem dan SDM yang ada. Ada satu problem cukup krusial di balik meningkatnya reputasi PT di Indonesia dimata dunia dalam bidang website. Yaitu, hingga saat ini system (software) deteksi plagiasi terhadap karya-karya akademik belum tersedia. Untuk kepentingan ini, sangat diperlukan adanya konsorsium perguruan tinggi di seluruh Indonesia guna merumuskan standar plagiasi.

Ketersediaan plagiarism software setidaknya dapat di orientasikan untuk membangun dan mentradisikan kejujuran akademis dalam rangka character building anak bangsa kedepan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: