My mother

Ibu adalah orang yang pernah merasakan berbagaimacam rasa sakit dan kepayahan di kala ia mengandung kita. Dia sangat menderita sebagaimana deritanya sewaktu menendangi kelahiran kita, kemudia ia bersusah payah dalam menyusui kita selama dua tahun. Kita telah memayahkan ibu kita, sebab kehamilannya, kadang-kadang memenatkan dadanya, kadang-kadang meletihkan tangannya. Berkali-kali kita mengotori tubuh dan pakaiannya, namun berkali-kali pula ia membersihkan kotoran itu tanpa bosan-bosan dan rasa keluh kesah. Apalagi kalau kita sedang menderita sakit , ia semalam suntuk tidak bisa tidur, menahan lapar, susah dan menangis. Ia merasa sakit karena sakit kita, selalu khawatir akan penyakit yang menimpa pada diri kita.

 

ibuku sayang

Mengapa setelah ibu memberi pengorbanannya yang sangat besar kepada kita, namun kita sendiri tidak menaruh kasih sayang kepadanya, bahkan kepada orang lain?  Dan di dalam memberikan sikap kebaikan kita mendahului orang lain ketimbang ibu kita sendiri.

 

Kemudia orang yang lebih berhak kita mencurahkan cinta dan kasih sayang kepadanya adalah ‘ ayah ‘. Dialah orang yang berbuat baik kepada kita. Dialah orang yang tidak canggung-canggung  mengorbankan seluruh hartanya demi kepntingan kita, demi pendidikan kita dan demi keutuhan kita sebagai manusia. Dia , karena kasih sayangnya selalu menunjukkan kepada kita ke jalan yang bermanfaat bagi kita baik di dunia maupun di akhirat.

 

Tiada balas terhadap orang yang telah berbuat kebaikan kecuali dengan kebaikan pula. Tidak sedikit pengorbanan orang yang diberikan kepada kita.Mereka selalu mengutamakan kita melebihi dirinya. Apabila kita meninggalkan mereka barang sesaat saja, mereka merasa terpenjara, karena kerinduannya kepada kita. Mereka telah melindungi kita dalam masa-masa yang cukup panjang, sedang kita sendiri melindungi mereka pada waktu yang sangat singkat. Oleh karena tiada lain bagi kita hanya selalu mendoakan mereka….

Ya Allah…., curahkanlah rahmat-Mu kepada kedua orang tau kami sebagaimana mereka mendidikku di kala aku masih kana-kanak.

Ya Allah….,  balaslah kejelekan kita dengan kebaikan-Mu, tutuplah kesalah kita dengan ampunan-Mu, ilhamilah kita dengan kesadarn kita dan limpahkanlah bagian kita dari keridlaan-Mu………

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: